Kamis, 31 Desember 2009

Cara Memandikan Bayi

Satu dari cara yang paling penting dari orang tua untuk berkomunikasi dengan bayi mereka yang baru lahir adalah melalui sentuhan. Dan saat ini mandi menyediakan kesempatan istimewa untuk memegang, menyentuh, dan mengakrabkan. Saat pertama memandikan mungkin merupakan saat yang membingungkan bagi Anda semua. Bayi Anda mungkin agak rewel dan Anda mungkin merasa ragu, tetapi Anda berdua akan segera menikmati waktu yang istimewa ini bersama-sama.

KAPAN MEMANDIKAN BAYI ANDA?

Kapanpun baik jika sesuai dengan rutinitas Anda, tetapi lebih baik di waktu yang sama pada setiap harinya.
  1. Saat memandikan bayi sebaiknya tidak terganggu dan menyenangkan. Anda harus tenang dan percaya diri, jadi jika Anda sibuk, dan hari terasa tenang, duduklah sejenak dan santai.
  2. Mandikan bayi sebelum memberi makan, selama ia tidak begitu lapar. Terlalu cepat memandikan setelah memberi makan mungkin membuatnya tak nyaman dan bisa muntah.
  3. Bayi sangat cepat kehilangan kehangatan tubuhnya, jadi jaga ruangan agar tetap hangat dan bebas dari hembusan angin.
TATA CARA MEMANDIKAN BAYI:

1.) Berbicara pada bayi: Pertama bicaralah pada bayi Anda sejenak untuk memberi ketenangan, kemudia tanggalkan pakaian dan bungkuslah dengan rapat dalam sebuah handuk. Anda dapat membiarkan popoknya terpasang pada tahap ini, seandainya sesuatu yang mengejutkan tiba-tiba terjadi.
2.) Membasuh wajah bayi:
# Basuh lembut wajah bayi Anda dengan kapas yang dilembabkan dengan air hangat yang bersih. Gunakan lembar yang baru untuk tiap mata dan usaplah selalu dari sudut dalam mata ke arah luar.
# Kemudian seka di sekeliling mulut dan cuci keseluruhan muka bayi Anda, lakukan dari tengah ke luar. Berikan perhatian khusus pada bagian belakang telinga dan lipatan-lipatan di leher.
# Ketika menggunakan cutton bud untuk membersihkan tempat-tempat yang sukar dijangkau, peganglah selalu ujung kapas pembersih untuk memastikan keamanannya. Bersihkan apa yang dapat Anda lihat saja, jangan pernah memasukkan apapun ke dalam lubang telinga atau hidung bayi Anda.
Keringkan dengan usapan yang lemah lembut, berikan perhatian yang lebih seksama terhadap lipatan-lipatan. Ingat, kulit bayi Anda sangat lunakn dan lembut.
3.) Mencuci rambut bayi:
# Pegang bayi Anda diatas bak mandi, bungkus dalam handuk, sanggahkan dengan tangan Anda di bagian tengkuknya topang kepalanya dengan tangan Anda dan topang badannya dengan lengan Anda. Cara memegang seperti ini akan menjaga keselamatan dan keamanan bayi Anda.
# Basuh rambutnya dengan tangan Anda yang bebas dan gunakan sedikit shampoo bayi yang khusus diformulasikan untuk tidak membuat mata bayi Anda pedih. Pijat dengan lembut seluruh bagian kepalanya.
# Pastikan mencuci rambut bayi Anda dengan baik untuk memastikan bahwa semua sisa sabun sudah dibersihkan.
# Kini letakkan bayi Anda dan keringkan kepalanya dengan lembut namun seksama dengan ujung handuk.
4.) Membersihkan Badan Bayi:
# Buka pakaiannya, tapi biarkan kepalanya tertutup oleh ujunh handuk jika kedinginan.
# Lepaskan popoknya jika masih terpasang dan jika sudah kotor, bersihkan pantatnya sebelum meletakkannya ke dalam bak mandi
# Gunakan cara memegang yang aman seperti yang diperlihatkan di atas, letakkan ia didalam bak mandi. Begitu berada diair, Anda boleh melepaskan kakinya, tapi tangan Anda yang lain harus selalu memegang lengan bayi.
# Dengan kain penyeka, bersihkan bayi Anda, berikan perhatian khusus ketika membersihkan daerah lipatan-lipatan kulit. Terakhir, bersihkan daerah popok.
# Biarkan bayi menikmati air mandi hangat untuk beberapa saat (kebanyakan bayi yang baru lahir sangat menyukai tahap ini), rasanya seperti kembali berada didalam rahim.
# Ingatlah, bayi Anda kini basah dan licin. Gunakan cara memegang yang aman, angkat bayi Anda dari air, dan bungkus dengan handuk secepatnya. Jika ia menangis, ini sebenarnya normal ketika ia dipindahkan dari kenyamanan air hangat, gendong ia keatas bahu Anda, lalu keringkan dengan lembut. Ingatlah untuk mengeringkan semua lipatan dengan seksama, karena kelembaban yang berlebihan bisa menimbulkan iritasi kulit.
5.) Merawat kulit bayi:
# Sebelum mengenakan pakaian, gunakan produk-produk perawatan kulit bayi untuk melembabkan kulit dan menjaga bayi Anda tetap nyaman. Ini memberikan suatu kesempatan yang indah untuk membelai dengan cinta dan memijat bayi Anda.
# Ketika menggunakan bedak, ratakan bedak dengan lembut dalam tangan Anda, jauh dari bayi dan kemudian usapkan dengan lembut ke kulitnya. Ini mencegah kepulan debu dari bedak yang dapat terhirup dari bayi.
6.) Perawatan tali pusar:
# Bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusar dengan kapas pembersih, basahi dengan zat pengering luka seperti alkohol. Jangan takut membersihkan tali pusar (lebih cepat dasarnya mengering, lebih cepat pula tali pusarnya akan lepas.
# Hindari menutup tali pusar dengan popok, karena daerah tali pusar harus dijaga agar tetap kering dan bersih sepanjang waktu.
7.) Memakaikan popok bayi:
# Usapkan tipis-tipis lotion, krim anti iritasi popok atau bedak pada pantat bayi untuk melindungi kulit dari kelembaban dan iritasi popok
# Untuk menghilangkan kelembaban dari kulit gunakan pelapis satu sisi
8.) Menyisir rambut bayi:
# Balut bayi Anda dalam selimut yang menyerap untuk menjaga agar ia tetap hangat dan nyaman. Kini Anda dapat menyisir rambutnya dengan sikat yang lembut.
9.) Tips tambahan saat mandi:
# Untuk bayi perempuan, bersihkan daerah kemaluan, basuh dari arah depan ke belakang.
# Jika bayi laki-laki Anda tidak disunat, cucilah dengan lembut penis dan daerah kemaluan dan keringkan secara seksama. Hindari menarik kulup ke belakang.
# Jika Anda lupa akan sesuatu atau perlu membuka pintu atau menerima telepon ketika sedang memandikan, bawa bayi bersama Anda.

Dari Berbagai Sumber

2 komentar:

  1. kira-kira sabun dan lotion seperti apa ya yang cocok untuk bayi yang kulitnya mudah iritasi?

    BalasHapus
  2. nice post gan



    ayoo pakai kaos berlabel positif di???
    Kaos Keluarga Muslim

    BalasHapus